Wakil Walikota Buka Lomba Cipta Menu B2SA, PKK Manggemaci Juara I

Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Bima ke-15, Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Bima. Lomba dilaksanakan di halaman kantor Bappeda Kota Bima pada hari Rabu (05/04), dibuka oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE.

Hadir Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofyan, SH, Plt. Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. Mukhtar, MH, Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI Eviyanti Nasution, Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais, Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati A. Rahman, Ketua Iswara Kota Bima Jumriah Fery Sofyan, pimpinan BUMN/BUMD, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kota Bima serta Camat dan Lurah se-Kota Bima.

Menurut laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Ir. Syamsuddin, tujuan pelaksanaan lomba ini adalah: (1) Meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA; (2) Meningkatkan kreativitas anggota keluarga dalam memilih, menyusun dan mengkonsumsi menu B2SA; serta (3) Meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengolah sumber pangan yang beragam.

Peserta lomba terdiri atas Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kota Bima, kecuali Kelurahan Tanjung dan Lelamase yang tidak mengirimkan wakilnya.

Tim penilai terdiri atas satu orang ahli gizi, satu orang ahli kesehatan, unsur PKK, dan Dinas Ketahanan Pangan.

Ketua TP PKK Kota Bima menyampaikan, yang menjadi tantangan kita saat ini adalah bagaimana melakukan diversifikasi (penganekaragaman) makanan olahan yang berasal dari bahan pangan non beras dengan tetap mempertahankan nilai gizi yang seimbang. Ia menyampaikan apresiasi kepada Dinas Ketahanan Pangan yang telah memprakarsai upaya penganekaragaman makanan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal non beras dan non terigu.

Sementara itu, Wakil Walikota menyampaikan apresiasinya kepada Tim Penggerak PKK yang terus mendorong peningkatan kualitas konsumsi pangan kepada masyarakat Kota Bima, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan kegiatan dalam bentuk Lomba B2SA.

“Lomba Cipta Menu B2SA merupakan salah satu wujud kepedulian kaum ibu dalam upaya meningkatkan kreasi dan nilai tambah produk dengan memanfaatkan bahan pangan lokal. Tentunya diharapkan menu hasil lomba ini akan dapat diaplikasikan secara permanen dan masal pada seluruh masyarakat di wilayah Kota Bima”, katanya.

Ia berpesan agar lomba semacam ini tidak hanya bersifat seremonial belaka, namun lebih jauh kreasi menu B2SA yang telah disajikan ini dapat menjadi ciri khas masakan Kota Bima dan menjadi daya tarik bagi pendatang luar daerah. Dinas terkait seperti Dinas Koperindag dan Dinas Sosial juga diharapkan dapat mewadahi anggota PKK untuk menjual produk makanan berbahan lokal sehingga jangkauan pemasarannya lebih luas.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, Kelurahan Manggemaci berhasil keluar sebagai Juara I. Juara kedua diraih oleh Kelurahan Pane disusul oleh Kelurahan Rite yang menempati posisi juara ketiga. Juara Kreativitas Terbaik diraih oleh Kelurahan Sarae dan Juara Favorit yakni Kelurahan Kendo.

Diberikan pula penghargaan khusus kepada lima kelurahan yakni Kelurahan Panggi dengan Kategori Inovasi Terbaik, Kelurahan Oi Foo dengan Kategori Pengembangan Resep Terbaik, Kelurahan Rabangodu Selatan dengan Cita Rasa Terbaik, Kelurahan Kumbe dengan Kategori Penyajian/Penampilan Terbaik dan Kelurahan Paruga untuk Kategori Kreasi Menu Terbaik.

Penyerahan hadiah kepada pemenang dilakukan oleh Ketua TP PKK Kota Bima didampingi oleh Ketua GOW Kota Bima dan Ketua Iswara Kota Bima. Ia berharap anggota PKK mampu meningkatkan kreativitas dalam mengolah menu dengan tidak meninggalkan kekhasan bahan baku yang digunakan.***

(Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima,
Syahrial Nuryadin, S.IP, MM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *