ASISTEN II PIMPIN RAKOR DAN EVALUASI PROGRAM REHABILITASI DAN REKONSTRUKSI PASCABANJIR

Asisten II Setda Kota Bima Dr. Ir. H. Syamsudin, MS, membuka dan memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabanjir Tahun Anggaran 2017, khususnya sektor permukiman, pada Selasa, 7 Agustus 2018, di aula kantor Camat Mpunda.

Rakor diikuti oleh unsur instansi terkait, diantaranya Kepala BPBD Kota Bima Ir. H. Syarafudin, MM, dan Kepala Dinas Perkim Ir. Hamdan, Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana “Mbojo Matenggo” Anwar Arman, SH, para Camat dan Lurah, konsultan program, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kota Bima.

Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari Kejaksaan Negeri Bima bertindak selaku narasumber dan pendamping dalam pelaksanaan evaluasi.

Sektor permukiman merupakan salah satu prioritas dalam rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi pascabanjir bandang tahun 2016, mencakup antara lain relokasi warga yang bermukim di bantaran sungai, perbaikan rumah rusak in situ,  serta pembangunan kawasan permukiman baru bagi warga terdampak.

“Program ini belum berjalan 100%. Salah satu kendala yang dihadapi adalah masih adanya sikap pro dan kontra masyarakat, khususnya terkait relokasi warga yang bermukim di bantaran sungai. Langkah yang perlu kita laksanakan adalah pendekatan yang lebih intens kepada masyarakat serta sosialisasi”, kata Dr. Ir. H. Syamsudin, MS.

Camat dan Lurah didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas diharapkan dapat lebih melakukan pendekatan kepada masyarakat, agar mereka memahami bahwa relokasi tersebut bermaksud untuk meminimalisir risiko banjir di Kota Bima.

Selain itu, Asisten II juga mengucapkan terimakasih kepada Camat, Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang terus bekerja keras dalam upaya penanganan banjir. “Namun pekerjaan rumah kita masih banyak. Saya harapkan para Camat, Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama-sama dengan Dinas terkait bisa terus bekerja hingga program rehab rekon tuntas”, harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *