Tupoksi

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BIMA NTB
Rincian Tugas dan Fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika

Tugas :
Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam hal perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan, pelaksanaan serta monitoring, evaluasi dan pelaporan urusan pemerintahan daerah Kota Bima dibidang Komunikasi dan Desiminasi Informatika, Pengelolaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Persandian serta tugas pembantuan.
Fungsi :
1. Perumusan kebijakan teknis urusan pemerintahan dibidang Komunikasi dan Desiminasi Informatika, Pengelolaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Persandian serta tugas pembantuan.
2. Penyusunan program kerja dan kegiatan Komunikasi dan Desiminasi Informatika, Pengelolaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Persandian serta tugas pembantuan.
3. Koordinasi penyelenggaraan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan Pemerintahan dibidang Komunikasi dan Desiminasi Informatika, Pengelolaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Persandian serta tugas pembantuan.
4. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di Bidang Komunikasi dan Desiminasi Informatika, Pengelolaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Persandian serta tugas pembantuan.
5. Mengkoordinasikan Pembinaan dan Penyelenggaraan Keterbukaan Informasi Publik bagi badan-badan publik instansi Pemerintah Daerah Kota Bima
6. Pembinaan Penyelenggaraan Sistem Informasi Elektronik yang aman yang digunakan dilingkungan PemerintahDaearah Kota Bima.
7. Mengkoordinasikan Strategi Pengembangan Pemerintahan berbasis elektonik (e-Government),Smartcity dan GCIO (Goverment Chief Information Office) dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Bima.
8. Koordinasi pembangunan jaringan komunikasi/telekomunikasi dan pengamanan akses informasi guna memfasilitasi hubungan komunikasi antara SKPD Lngkup Pemerintah Daerah Kota Bima.
9. Koordinasi dan pembinaan penyelenggaraan Program Pelayanan administrasi perijinan di bidang Komunikasi dan Desiminasi Informatika, Pengelolaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Persandian serta tugas pembantuan.

10. Penyelenggaraan tugas pembantuan di Bidang Komunikasi dan Desiminasi Informatika, Pengelolaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Persandian serta tugas pembantuan.
11. Mengkoordinasikan pembinaan SDM dalam Bidang Komunikasi dan Desiminasi Informatika, Pengelolaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Persandian serta tugas pembantuan.
12. Koordinasi dan pembinaan Penyelenggaraan Persandian dan Pengamanan Informasi serta sistem Informasi Pemerintah Daerah Kota Bima.
13. Sebagai Ketua Harian PPID dan mengkoordinasikan pembinaan PPID dilingkungan Instansi Pemerintah Daerah Kota Bima.
14. Penyelenggara pusat data terintegrasi lingkup Pemerintah Daerah Kota Bima dan infrastruktur pendukungnya.
15. Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bima terdiri dari :
1. Kepala Dinas
2. Sekretaris
3. Bidang Komunikasi dan Desiminasi Informasi
4. Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
5. Bidang Persandian
6. Kelompok Jabatan fungsional Tertentu

Sekretariat Dinas Kominfo terdiri dari :
1. Sekretaris
2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
3. Sub Bagian Program dan Keuangan
Bidang Komunikasi dan Desiminasi Informasi Terdiri Dari :
1. Seksi Pengelolaan dan Dokumentasi Informasi
2. Seksi Kemitraan Media
3. Seksi Peningkatan Kualitas SDM
Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
1. Seksi Aplikasi Informatika
2. Seksi Infrastruktur TIK
3. Seksi Tata Kelola Informatika
Bidang Persandian terdiri dari :
1. Seksi Tata Kelola Persandian
2. Seksi Operasional Pengamanan Persandian
3. Seksi Pengawasan dan Evaluasi Persandian

Kelompok Jabatan Fungsional Terdiri dari :
1. Jabatan Fungsional Pranata Komputer ( 15 Orang )
2. Jabatan Fungsional Pranata Humas ( 6 Orang )
3. Jabatan Fungsional Arsiparis ( 2 Orang )
4. Jabatan Fungsional Perencana ( 2 Orang )
5. Jabatan Fungsional Analisis Kepegawaian ( 2 Orang )
6. Jabatan Fungsional Sandiman ( 4 Orang )
7. Jabatan Fungsional Pengadaan Barang Jasa ( 4 Orang )

A. Bidang Komunikasi dan Diseminasi Informatika
Tugas :
Bidang Komunikasi dan Diseminasi mempunyai tugas penyiapan perumusan kebijakan, Penyusunan Norma,Standar,Prosedur dan Kriteria dan Pemberian Bimbingan Teknis dan Supervisi serta Pembinaan Monitoring evaluasi dan Pelaporan,dibidang Komunikasi dan Diseminasi Informasi di Lingkup Pemerintah Daerah.
Fungsi :
1. Penyusunan program kerja dan kegiatan bidang Komunikasi dan Diseminasi Informasi
2. Penyusunan pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan di bidang Komunikasi dan Diseminasi Informasi
3. Melaksanakan monitoring evaluasi pelaporan dan pengendalian pelaksanaan program kegiatan di bidang komunikasi dan Diseminasi Informasi
4. Penyiapan bahan Pelaksanaan kebijakan dibidang Komunikasi dan Diseminasi Informasi serta penyusunan standar norma Prosedur dan Kriteria dilingkup Pemerintah Kota Bima.
5. Melaksanakan pembinaan pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada SKPD Se Kota Bima ;
6. Melaksanakan Pengumpulan data bidang Komunikasi dan Diseminasi Informasi.
7. Melaksanakan Koordinasi dan Pengawasan terhadap kegiatan Dokumentasi di lingkungan Pemerintah daerah Kota Bima .
8. Melaksanakan koordinasi pengelolaan sekretariat Pelayanan Informasi Publik Pemerintah Daerah Kota Bima.
9. Melaksanakan Koordinasi penyelenggaraan Komunikasi dan Informatika pembangunan Daerah.
10. Melaksanakan Pengembangan dan pengelolaan Media Center.
11. Melaksanakan Pengelolaan konten Informasi situs web resmi pemerintah Darah Kota Bima.
12. Melaksanakan Koordinasi dan pembinaan lembaga komunikasi sosial dan kemasyarakatan serta hubungan kemitraan dengan media massa.
13. Melaksanakan Perencanaan dan pengkajian informasi strategis dan pemetaan opini publik sebagai bahan masukan bagi pimpinan dalam pengambilan kebijakan.
14. Pendistribusian hasil kajian informasi kepada publik dan instansi terkait.
15. Pengembangan media informasi pembangunan daerah.
16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

1. Seksi Pengelolaan dan dokumentasi informasi

1. Penyiapan bahan penyusunan program dan kegiatan Pengelolaan dan Dokumentasi Diseminasi Informasi.
2. Penyiapan bahan Penyusunan pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan Pengelolaan dan Dokumentasi Informasi.
3. Penyiapan bahan monitoring evaluasi pelaporan dan pengendalian pelaksanaan program kegiatan Pengelolaan dan Dokumentasi Informasi.
4. Penyiapan bahan koordinasi dan pembinaan PPID Kota Bima , PPID SKPD .
5. Pengumpulan data statistik seksi Pengelolaan dan Dokumentasi Informasi.
6. Pengelolaan Sekretariat PPID Kota Bima .
7. Pembuatan media informasi pembangunan daerah.
8. Melaksanakan Pendokumentasian dari hasil Publikasi Informasi.
9. Penyiapan Bahan Koordinasi Perencanaan Program Pendokumentasian dan Pengarsipan (Cetak dan Elektronik).
10. Penyiapan bahan koordinasi dan pengawasan terhadap kegiatan Dokumentasi daerah.
11. Penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan hasil pelaksanaan Koordinasi dan Pengawasan Dokumentasi Daerah.
12. Menyiapkan bahan petunjuk teknis lingkup Dokumentasi.
13. Melaksanakan kegiatan pengarsipan (arsiparis) terhadap seluruh kegiatan Dinas (Cetak maupun Elektronik).
14. Mendokumentasikan Kebijakan Pemerintah dan Hasil Pembangunan.
15. Melaksanakan pemeliharaan terhadap media dokumentasi (Kamera, Camcorder, Peralatan studio, dsb) dan media informasi (Baliho, Running Text Board, dsb).
16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

2. Seksi Kemitraan Media

1. Pengumpulan dan Penvgoilahan data dalam rangka perencanaan program pengembangan kemitraan media;
2. Pelaksanaan kebijakan standarisasi dan bimbingan teknis di bidang kemitraan Media Radio,Televisi dan Media Cetak;
3. Pelaksanaa Pelayanan kKomunikasi kepada masyarakat melalui media elektronik yang meliputi Radio,Televisi,Tv kabel,Website dan Lain-Lain;
4. Pelaksanaan penyusunan program dan rencana kegiatan seksi;
5. Penyiapam bahan penyusunan dan perumusan kebijakan,petunjuk teknis serta rencana strategi sesuai luingkup tugasnya;
6. Pelaksanaan kegiatan seksi;
7. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang di berikan oleh atasan;

3. Seksi Peningkatan Kualitas SDM
1. Penyiapan bahan penyusunan program dan kegiatan peningkatan kualitas SDM
2. Pengumpulan data statistik seksi Peningkatan Kualitas SDM.
3. Penyiapan bahan pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kualitas SDM.
4. Melaksanakan Pelatihan Jurnalistik di daerah.
5. Melaksanakan Pelatihan SDM Aplikasi Informatika di daerah.
6. Melaksanakan Pelatihan E-Government di daerah.
7. Melaksanakan Pelatihan Dokumentasi dan Arsip di daerah.
8. Melaksanakan Pelatihan Layanan Informasi Publik di daerah.
9. Penyiapan bahan pembinaan penerapan E-Government.
10. Penyiapan bahan pembinaan Dokumentasi dan Arsip Daerah.
11. Penyiapan bahan pembinaan Standar Layanan Informasi Publik di daerah.
12. Penyiapan bahan pembinaan SKPD terhadap penerapan aplikasi Informatika di daerah.
13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

B. Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Tugas :
Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas Penyuiapan bahan dan Penyusunan Kebijakan,koordinasi,perencanaan,pelaksanaan serta monitoring,evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan di bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi,Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi.

1. Seksi Aplikasi Infrastruktur
Tugas :
1. Penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, perencanaan dan pelaksanaan penyusunan program kerja dan kegiatan pembangunan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi;
2. Pengumpulan data statistik seksi aplikasi TIK;
3. Penyususnan standar pedoman dan petunjuk teknis pembangunan dan penyelenggaraan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi;
4. Melakukan koordinasi, identifikasi kebutuhan dan pelaksanaan pembangunan aplikasi, baik untuk kebutuhan internal maupun layanan publik;
5. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis perencanaan, pengembangan implementasi aplikasi dan pemeliharaannya kepada unit pengguna;
6. Melakukan pengembangan intropabilitas dan integritas aplikasi sistem informasi elektronik dan layanan publik;
7. Melakukan monitoring, evaluasi dan pelaporan Pembangunan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi;
8. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan pimpinan.

2. Seksi Infrastruktur TIK melaksanakan fungsi;
1. Menyiapkan bahan Kordinasi, Pembinaan,Perencanaan Dan Pelaksanaan Penyusunan Program Kerja dan kegiatan pembangunan infrastruktur TIK daerah Kota Bima
2. Penyusunan Pediman dan petunjuk teknis pembangunan dan penyelenggaraan dan pemeliharaan infrastruktur TIK
3. Pengumpulan data statistik seksi infrastruktur TIK
4. Pembangunan,pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur pusat data yang terintegrasi (Data centre) daerah Kota Bima;
5. Penyediaan infrastruktur Jaringan interkoneksi TIK yang Terkoneksi Antara SKPD dan Pusat Data Terintegrasi
6. Pemberian Pembinaan dan bimbingan teknis perencanaan,pembangunan jaringan dan pemeliharaan infrastruktur TIK kepada SKPD pengguna.
7. Monitoring dan evaluasi serta pelaporan pelaksanaan kegiatan Infrastruktur TIK;
8. Melaksanakan tugas lainya yang di berikan Pimpinan.

3. Seksi Tata Kelola Infrastruktur Melaksanakan fungsi;

1. Penyiapan bahan koordinasi, pembinaan, perencanaan dan pelaksanaan kebijakan pengelolaan teknologi Informasi dan Komunikasi.
2. Penyusunan Pedoman dan petunjuk teknis tata Kelola Informatika
3. Penyiapan Bahan dan fasilitas pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pengelola;
4. Pengumpulan data statistik seksi tata kelola TIK
5. Melaksanakn evaluasi dan audit internal sistem informasi elektronik pemerintah daerah Kota Bima dan pelaporan hasil analisis tersebut sebagai bahan masukan kepada pimpinan Daerah untik Pengambilan Keputusan.
6. Penytusunan Pediman standar dan prosedur pelayanan dibidang pengelolaan teknologi Informasi dan Komunikasi serta pengawasan dan Pengendalianya;
7. Melakukan pembinaan dan pelaksanaan pengaman sistem informasi elektronik yang di gunakan pemerintah Daerah Kota Bima;
8. Melakukan Penyiapan bahan penyusunan dan evaluasi rencana strategis TIKDaerah Kota Bima;
9. Melakukan Pendataan dan mengkoordinasikan pendaftaran sistem informasi elektronik yang digunakan pemerintah Daerah Kota Bima;
10. Pengawasan dan Pengendalian pengembangan e-Goverment pemerintah Kota Bima berdasrkan rencana induk yang di tetapkan;
11. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis manajement informatika/pemanfaatan dan pengembangna e-govermen pemerintah daerah Kota Bima;
12. Melaksanakn tugas lainnya yang diberikan Pimpinan.

C. Bidang Persandian

Tugas :
Bidang Persandian mempunyai tugas menyelenggarakan persandian dalam rangka pengamanan informasi, penyusunan kebijakan, koordinasi, perencanaan, pelaksanaan serta monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang Persandian serta pengawasan dan pengendalian terhadap Persandian .

Fungsi :
1. Melaksanakan penyusunan program kerja dan kegiatan di bidang Persandian .
2. Penyusunan pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan pembinaan di bidang Persandian dan Telekomunikasi serta pengawasan dan pengendalian.
3. Melakukan monitoring evaluasi pelaporan dan pengendalian pelaksanaan program kegiatan di bidang Persandian .
4. Melaksanakan koordinasi dan pembangunan jaringan komunikasi/ telekomunikasi antar SKPD.
5. Pembangunan dan pengelolaan jaring komunikasi sandi tingkat Kota Bima .
6. Pengamanan informasi dan sistem komunikas/telekomunikasi daerah .
7. Melaksanakan Pengumpulan data statistik seksi Bidang Persandian .
8. Melaksanakan Koordinasi dan Pembinaan Penyelenggaraan Program Pelayanan administrasi perijinan dibidang persandian;
9. Penyelenggaraan tugas pembantuan di bidang persandian ;
10. Penyediaan sarana prasarana telekomunikasi untuk pimpinan daerah.
11. Pengelolaan dan pengendalian penggunaan nama domain dan sub domain pemerintah daerah Kota Bima NTB.
12. Penyediaan dan pengaturan akses telekomunikasi/akses internet pada ruang publik dan tempat – tempat strategis lainnya.
13. Penyediaan dan pengaturan bandwidth pemerintah Daerah Kota Bima .
14. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan pimpinan.

1. Seksi Tata Kelola Persandian melaksanakan fungsi :

1. Penyusunan Peraturan Teknis Pengelolaan Informasi berklasifikasi.
2. Pengklasifikasian Informasi milik Pemerintah Daerah
3. Pembatasan hak akses terhadap informasi milik pemerintah daerah
4. Pengiriman, penyimpanan, pemanfaatan dan penghancuran informasi
5. Koordinasi pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional Sandiman
6. Perencanaan kebutuhan pejabat fungsional Sandiman
7. Inventarisasi sumber daya persandian
8. Peningkatan kesadaran pengamanan informasi melalui program pendidikan, pelatihan, fasilitasi, asistensi, bimbingan teknis, workshop dan / atau seminar.
9. Pengembangan kompetensi sumber daya manusia persandian melalui program pendidikan, pelatihan, fasilitasi, asistensi, bimbingan teknis, workshop dan/atau seminar.
10. Pengadaan, inventarisasi, penyimpanan dan distribusi perangkat lunak dan perangkat keras persandian.
11. Pemeliharaan dan perbaikan perangkat keras dan perangkat lunak persandian.
12. Pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tata kelola informasi.

2. Seksi Operasional Pengamanan Persandian Pelayanan

1. Penyusunan peraturan teknis operasional pengamanan persandian
2. Perencanaan kebutuhan perangkat lunak persandian pada komunikasi sandi antar perangkat daerah provinsi dan komunikasi sandi antar Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi.
3. Perencanaan kebutuhan perangkat keras persandian pada komunikasi sandi antar perangkat daerah Provinsi dan komunikasi sandi antar Kabupaten/Kota di di lingkungan Provinsi.
4. Perencanaan kebutuhan unsur pengelola dan pengguna pada komunikasi sandi antar perangkat daerah provinsi dan komunikasi sandi antar kabupaten/kota di lingkungan Provinsi.
5. Perancangan pola hubungan komunikasi sandi antar perangkat daerah Provinsi.
6. Koordinasi perancangan pola hubungan komunikasi sandi antar Kabupaten/Kota di lingkungan Provinsi.
7. Pengawasan dan evaluasi terhadap pengelolaan komunikasi sandi
8. Pengamanan kegiatan /fasilitas penting/ strategi/ vital melalui kontra penginderaan dan /atau metode pengamanan lainnya.
9. Fasilitas pengamanan informasi elektronik
10. Pengelolaan helpdesk gangguan operasional persandian dan keamanan informasi
11. Pemulihan data atau system jika terjadi gangguan operasional persandian dan keamanan informasi.
12. Penilaian tingkat keamanan informasi pada perangkat komunikasi dan jaringan komunikasi pemerintah daerah.
13. Pengawasan dan evaluasi terhadap operasional pengamanan persandian
14. Koordinasi pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional sandiman

3. Seksi Pengawasan dan Evaluasi Persandian

1. Penyusunan peraturan teknis pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan persandian
2. Penyusunan instrumen pengawasan dan evaluasi penyelenggaraan persandian
3. Pengawasan pelaksanaan penyelenggaraan persandian pada perangkat daerah provinsi
4. Evaluasi kepatuhan penyelenggaraan persandian terhadap ketentuan yang berlaku
5. Koordinasi pengukuran penyelenggaraan persandian dengan instansi pembina
6. Koordinasi pelaksanaan kegiatan jabatan fungsional Sandiman